Latar Belakang

Dalam upaya menjaring input-input yang berkualitas, diperluakan alat (instrumen) yang valid dan handal. Valid dan handal merupakan jaminan bahwa insrumen tersebut mengukur apa yang hendak diukur serta memberikan hasil yang stabil dan konsisten dalam pelaksanaan suatu tes sehingga informasi yang diperoleh dapat digunakan sebagai alat pengambil keputusan yang efektif. Namun, pelaksanaan tes selama ini masih bersifat parsial dengan menggunakan instrumen yang belum melalui perancangan dan pengembangan yang sistematis sesuai kaidah keilmuan. Akibatnya, informasi yang terjaring belum sepenuhnya mencerminkan atau menggambarkan keadaan sebenarnya dari peserta tes. Begitu juga dengan keputusan yang diambil berdasarkan informasi tersebut sudah bisa dipastikan mengandung bias.

Begitu juga dengan pelaksanaan tes sampai pada analisis, pelaporan dan rekomendasi belum sepenuhnya dilakukan oleh orang-orang yang professional dibidang pengukuran dan pengujian. Akibatnya, ada beberapa persoalan yang muncul seperti tidak ada jaminan bahwa alat yang digunakan mengukur apa yang hendak diukur serta rekomendasi yang keliru. Kasus yang sama juga terjadi pada system penempatan dan promosi jabatan yang belum mencerminkan kompetensi sebenarnya. Hal ini dapat dimaklumi, karena lembaga yang mengetahui dan bergerak khusus di bidang ini masih sangat jarang. Sementara tuntutan masyarakat akan transparansi, professional, mandiri dan bebas dari unsur nepotisme semakin kencang didengungkan.

Profil

Menjadi lembaga pusat pengukuran dan pengujian yang transparan, bertanggungjawab, terpercaya, dan berkeadilan dalam memberikan pelayanan pengujian, pengukuran, penilaian, dan evaluasi terhadap publik demi ikut membantu merealisasikan visi universitas.

Memberikan layanan pengujian, pengukuran, penilaian, dan evaluasi berdasakan prinsip independen, mandiri, terpercaya, bertanggungjawab, dan berkeadilan. Di samping itu, lembaga TC-UNM juga mengemban misi untuk memberikan layanan pelatihan dan pengembangan sehingga tercipta sumber daya manusia yang professional dalam bidang pungukuran, pengujian, penilaian, dan evaluasi.

Operasionalisasi berdasarkan visi dan misi, maka tujuan TC-UNM dirumuskan sebagai berikut:

  • Merancang dan mengembangkan instrumen tes maupun non-tes
  • Membuat bank soal untuk keperluan pengujian dan pengukuran
  • Merancang dan mengembangkan instrumen kinerja
  • Memberikan pelayanan tes
  • Memberikan pelayanan pengadministrasian, analisis, dan rekomendasi berbagai bentuk tes
  • Merancang system pengujian dan pengukuran berbasis Computer Adaptive Testing (CAT).
  • Memberikan pelayanan pelatihan dan pengembangan evaluasi, asesmen, pengukuran dan pengujian
  • Melakukan kajian dan penelitian evaluasi, asesmen, pengukuran dan pengujian berdasarkan topik-topik terbaru untuk berbagai bidang ilmu dengan menjalin kerjasama dengan lembaga nasional maupun internasional.

Tim Kami